RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VII/I
Pertemuan : 1
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar :Melakukan
operasi hitung bilangan pecahan
Indikator :
Kognitif
Proses:
·
Mengetahui arti dari penjumlahan dua
pecahan
·
Mengetahui arti dari pengurangan dua
pecahan
·
Meggunakan KPK dalam menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan bilangan pecahan
·
Menyimpulkan cara menyelesaikan operasi
hitung tambah dan kurang bilangan pecahan
Produk:
·
Menyelesaikan operasi hitung tambah
bilangan pecahan
·
Menyelesaikan operasi hitung kurang
bilangan pecahan
·
Menggunakan operasi hitung pecahan dalam
menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
Apektif:
·
Berpikir kritis
·
Berpikir logis
·
Bertanggung jawab
·
Saling menghargai
·
Kerja sama
·
Dapat dipercaya
·
Cermat
Psikomotor:
Kemampuan menggunakan
alat dan sikap kerja
Tujuan
Pembelajaran
·
Melalui lipatan origami diharapkan siswa
mampu menyimpulkan cara menjumlahkan dua pecahan
·
Melalui lipatan origami diharapkan siswa
mapu menyimpulkan cara pengurangan dua pecahan
·
Peserta didik dapat menggunakan KPK
dalam menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan bilangan pecahan
·
Peserta didik mampu menyelesaikan soal hitung
pertambahan bilangan pecahan
·
Peserta didik mampu menyelesaikan soal hitung
pengurangan bilangan pecahan
·
Peserta didik dapat mrnggunakan operasi hitung pecahan
dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
Materi
Ajar : Operasi
Bilangan Pecahan
Metode
Pembelajaran/Metode/Pendekatan
Metode :
Demonstrasi, Tanya jawab
Model
Pembelajaran : Kooperatif Tipe Jigsaw
Pendekatan : Kontruktivisme
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1) Mengucapkan
salam
2) Mengecek
kesiapan siswa
3) Mengecek
kesiapan guru
4) Mengingat
kembali materi yang telah dipelajari yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari seperti: mengingat kembali tentang macam-macam bilangan dan mengenal
dari arti pecahan
5) Memotivasi
siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
6) Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, setiap kelompok terdiri dari 3-4
orang.
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1) Guru
mendemokan salah satu konsep tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan
pecahan
2) Peserta
didik di bagikan LAS (Lembar Aktivitas Siswa)
3) Peserta
didik mampu mengikuti langkah-langkah pengerjaan yang ada di LAS Sehingga
menemukan konsep tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan
4) Peserta
didik dibagikan LKK
5) Peserta
didik dijelaskan cara pengerjaan LKK
6) Tiap
peserta didik dalam kelompok asal mendapat masalah atau pertanyaan yang berbeda
7) Peserta
didik mencermati dan mengerjakan LKK yang diberikan
8) Anggota
dari kelompok yang mendapat masalah atau pertanyaan yang sama, bertemu dalam
kelompok baru untuk mendiskusikan tugas mereka (kelompok ahli).
b. Elaborasi
1) Dalam
kelompok ahli mereka mendiskusikan jawaban soal yang ada dalam LKK
2) Guru
memantau dan memfasilitasi peserta didik dan mengingatkan kerjasama dan rasa
tanggungjawab yang harus dimiliki tiap anggota
a) Untuk
kelompok yang mendapat materi operasi penjumlahan
·
Peserta didik berdiskusi menyelesaiakan
soal operasi penjumlahan pecahan
·
Peserta didik yang telah paham membantu
teman sekelompoknya yang belum paham, agar ketika mereka ketika mereka kembali
kepada kelompok asal mereka dapat menjelaskan kepada kelompok mereka
masing-masing
b) Untuk
kelompok yang mendapat materi operasi pengurangan pecahan
·
Peserta didik berdiskusi menyelesaiakan
soal operasi pengurangan bilangan pecahan
·
Peserta didik yang telah paham membantu
teman sekelompoknya yang belum paham, agar ketika mereka ketika mereka kembali
kepada kelompok asal mereka dapat menjelaskan kepada kelompok mereka
masing-masing
c. Konfirmasi
1) Peserta
didik kembali kepada kelompok asal mereka untuk bertukar pengetahuan
2) Peserta
didik dalam setiap kelompok menanggapi dan mendengarkan penjelasan peserta
didik lainnya.
3) Peserta
didik yang kurang mengerti berani bertanya kepada temannya
4) Guru
melakukan pengundian salah satu kelompok untuk menyajikan hasil diskusi LKK
kelompok yang telah dilakukan agar guru dapat menyamakan jawaban LKK yang telah
didiskusikan
3. Penutup
1) Peserta
didik dengan guru bersama-sama membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari
2) Peserta
didik dengan guru bersama-sama melakukan refleksi dari hasil proses
pembelajaran yang telah berlangsung
3) Guru
memberikan kesempatan bila masih ada materi yang belum dimengerti peserta didik
4) Guru
memberikan tugas individu
5) Guru
menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya.
Alat dan Sumber Belajar :
A. Alat
·
Kertas origami
·
Penggrais
·
Gunting
B. Sumber
Belajar
·
LKK
·
Buku Pelajaran Matematika Kelas V11
Karangan Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni
Penilaian
·
Teknik :
Tes tertulis
·
Bentuk Instrumen : Uraian
0 komentar:
Posting Komentar